Selasa, 07 Juni 2011 | By: Susiana Sidabutar

INSTRUMENTASI MEDIS UI IGRT


IGRT (Image Guided Radiation Therapy)

IGRT adalah singkatan dari Image Guided Radiation Therapy. IGRT adalah teknologi paling maju untuk mematikan kanker dan mengurangi paparan ke jaringan normal. IGRT menggunakan image atau gambar tubuh pasien pengidap kanker ketika treatment berlangsung untuk menentukan pengaturan pengiriman treatment atau dosis pada pasien tersebut secara akurat dan tepat. IGRT merupakan jenis radiasi pada pasien pengidap kanker yang dapat mengurangi dosis pada jaringan normal, sehingga mengurangi efek samping dan memperbaiki akibat-akibat yang ditimbulkan oleh paparan ke jaringan normal ketika treatment. Sebelum berkas radiasi di aktifkan, dokter ARC(Advanced Radiation Centers) menggunakan teknologi Image Guidance untuk memberikan informasi yang tepat dan terperinci pada lokasi yang spesifik di beberapa sasaran, jaringan lunak atau tulang. Setelah menentukan lokasi yang tepat, berarti lapangan radiasi yang lebih kecil dapat digunakan, sehingga ada lebih sedikit kesempatan radiasi mengenai jaringan tetangga atau jaringan dekat tumor. Ini berarti lebih sedikit bahaya pada jaringan yang sehat.IGRT seperti laser yang daya jangkaunya tinggi yang membuat radiasi lebih presisi dan sangat akurat. Tentunya banyak jenis kanker yang dapat dimatikan secara presisi dan akurat oleh IGRT antara lain tumor pada bagian otak, kepala, leher. IGRT menjamin bahwa jaringan lunak seperti sumsum tulang belakang dan kelenjar saliva jauh dari wilayah dosis yang tinggi.

Cara kerja mesin IGRT
Image-Guided Radiotherapy (IGRT) merupakan kemajuan teknologi paling baru dalam bidang radiasi onkologi.  Sebelumnya pengobatan terapi radiasi tradisional diberikan, sebuah scan CAT didapatkan. CAT membaca skema area yang diperlukan treatment. Bantuan ini menjauhi struktur-struktur dalam kepala dan leher yang sensitig terhadap radiasi. Dengan IGRT sebuah Scan CAT didapat melalui treatment. Metode ini memanfaatkan keakurasian dan mengurangi potensi error. Oleh karena itu, jaringan normal terlindungi, mesin ini dapat mematikan sel-sel kanker dengan lebih mudah.

Mesin IGRT
Pada gambar dibawah ini, terlihat area dalam kepala dan leher yang memerlukan treatment dan  jaringan normal terhindar dari radiasi.




0 komentar:

Posting Komentar