Minggu, 29 Mei 2011 | By: Susiana Sidabutar

INSTRUMENTASI MEDIS UI ENDOSKOPI



ENDOSKOPI

Secara etimologis, endoskopi berasal dari bahasa Inggris endoscopy yang terdiri dari gabungan kata endo yang artinya dalam, dan scope berarti cakupan. 
Secara ilmiah, endoskopi (en-dahs-kuh-pee/endoscopy) merupakan suatu prosedur medis yang menggunakan instrumen seperti tabung yang dimasukkan ke dalam bagian organ tubuh tertentu untuk melihat anatomi organ dan jaringan internal tubuh. oleh karena itu, metode ini dinamakan endoskopi.
Prosedur ini berbeda dari tes pencitraan, seperti x-ray dan CT scan, yang bisa mendapatkan gambar dari bagian dalam tubuh tanpa memasukkan suatu instrumen ke dalamnya.  
Ada berbagai jenis endoskopi, atau "Pasifik". Ada yang berongga dan memungkinkan dokter untuk melihat tepat kebagian tubuh. Yang lainnya menggunakan serat optik, kaca fleksibel, atau serat plastik yang memancarkan cahaya. Yang memiliki kamera video kecil di ujung yang menempatkan gambar pada layar komputer. Beberapa endoskopi bersifat rigit, sementara yang lain flexibel. endoskopi juga bervariasi dalam hal ukuran panjang dan lebar. setiap jenis ini di desain khusus untuk melihat bagian tertentu dari tubuh.

Gambar1. Tampilan yang diperoleh melalui endoskopi pada pasien yang mengalami edema dan pembengkakan saluran cerna.

Tergantung pada area organ tubuh yang sedang dilihat, endoskopi mungkin dimasukkan ke dalam tubuh melalui lubang seperti mulut, anus, atau uretra (tabung yang membawa urin keluar dari kandung kemih). Dalam beberapa kasus, endoskopi yang dimasukkan ke dalam melalui potongan kecil (insisi) yang dipaparkan pada kulit.

Gambar2. Penampang alat endoskopi yang juga dapat digunakan untuk pemeriksaan medis bagi hewan peliharaan.

0 komentar:

Posting Komentar